Bapperlitbangda Brebes dan FMPP Kabupaten Menjadi Narasumber Zoom Meeting bagi Pemkab Grobogan Untuk PATS

Brebes (gkb.brebeskab.go.id) – Pemkab Grobogan menggelar pertemuan virtual Anak Tidak Sekolah (ATS) dengan menghadirkan unsur Pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pegiat Pendidikan, Dunia Usaha. Sebagai Narasumber dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Bapperlitbangda Kabupaten Brebes dan Ketua FMPP Kabupaten Brebes.

Acara dibuka oleh Sekda Kabupaten Grobogan Moh Sumarsono, IPM Kabupaten Grobogan mengalami peningkatan tiap tahun, yaitu pada tahun 2016 sebesar 68,52 meningkat menjadi 69,87 pada tahun 2020. Kondisi tersebut menunjukan kategori sedang karena masih berada di bawah angka 70, dan dibawah Provinsi dan Nasional.

” Data Anak Tidak Sekolah sebagai data pokok penanganan ATS, untuk Kabupaten Grobogan jumlah ATS sebanyak 28.381, dimana perlu ada percepatan dalam penanganan ATS dengan Bappeda sebagai koordinatornya untuk membentuk tim teknis penanganan ATS dari level Kabupaten sampai ke desa, kedua perlunya pelibatan seluruh stakeholders khususnya masyarakat melalui forum atau apapun namanya, dalam upaya penangan ATS,” katanya. Selasa (04/05/2021).

Lanjut Sekda, ketiga adalah perlu upaya perbaikan database ATS yang akan ditangani, melalui proses verifikasi dan validasi, termasuk perlu adanya Rencana Aksi Daerah (RAD) penanganan ATS, yang akan memastikan bagaimana strategi penanganan, sekaligus peran siapa berbuat apa.

Karena Grobogan akan membuat RPJMD dimana visi misi pembangunan 2021-2026 yakni terwujudkan grobogan yang lebih sejahtera, berdaya saing, beriman dan berbudaya, dan ini tepat kiranya intervensi ATS agar mendapatkan prioritas dalam upaya pengembalian ke sekolah.

Hadir dalam pertemuan virtual Sekda Kabupaten Grobogan, Kepala dan Sekretaris Bappeda Kabupaten Grobogan, Kabid Pemsosbud Bappeda Provinsi Jateng, Anggota DPRD Komisi IV Kabupaten Grobogan, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah yakni Dinpermasdes, Kabag Hukum Setda Grobogan, Dinas Sosial, Diskominfo, Dispendukcapil, Disporabudpar, DPMPTSP Kabupaten Grobogan, DP3AKB Kabupaten Grobogan, Camat Se-Kabupaten Grobogan, Korwilcam Dindik Kabupaten Grobogan, Kepala Bank Jateng Cabang Grobogan, PT. BPR BKK Purwodadi, PT. Japfa Comfeed, PT. Pungkokk Indonesia, Dewan Rised Daerah Prof. Darsono.

Sementara Narasumber berasal dari Kabid Pemsosbud Provinsi Jawa Tengah, Kabid Pemsosbud Bapperlitbangda Kabupaten Brebes, dan Ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Kabupaten Brebes.

Rencana tindak lanjut atas pertemuan ini adalah Bappeda dan Dinas Teknis untuk Penanganan Anak Tidak Sekolah (PATS) akan melakukan rapat koordinasi dan melengkapi dokumen regulasi, dukungan anggaran dan juga memastikan ada 1000 Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Grobogan ini kembali bersekolah pada tahun ini.

Kontributor : Bahrul Ulum

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *