Bidang PNFI Gelar Rakor GKB Usia DTS

Brebes – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes melalui bidang PNFI menggelar rapat koordinasi Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) usia Dewasa Tidak Sekolah (DTS) di ruang PNFI, Rabu, 5 Mei 2021.

Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh Baperlitbangda Bagian Pemsosbud,  Dinpermasdes, Ketua Paguyuban PKBM dan Pengurus FMPP Kabupaten Brebes ini adalah untuk menyusun strategi agar pelaksanaan DTS di tahun 2021 sebagai tahun awal ini bisa berjalan lancar.

Drs. Imam Sugiarto, M.Pd menyampaikan desa masih banyak yang belum menganggarkan untuk program GKB DTS, mungkin salah satunya selain dari Covid-19 ini adalah belum adanya surat edaran kepada desa beserta dengan juklak-juknis yang dibutuhkan agar desa mudah dalam pelaksanaan GKB DTS ini.

“Kita perlu menyusun surat edaran kepada desa, kemudian juga perlu mengumpulkan para pendamping desa untuk bersama-sama memberikan satu pemahaman terkait DTS ini.” ujar Imam.

Dinpermasdes yang diwakili oleh Rade mengatakan, pada Perbup nomor 80 tentang prioritas penggunaan dana desa GKB sudah tercantum didalamnya.

“Pada Perbup nomor 80 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021 sudah tercantum kegiatan GKB, namun perlu ada edaran atau SE karena awal tahun ini desa fokus pada BLT DD dan Pendataan SDGs Desa, sehingga harapannya tentu dengan SE tersebut pada saat perubahan anggaran di desa bisa dimasukkan anggaran DTS sesuai arahan Ibu Bupati.” Ujarnya.

Agenda selanjutnya peserta bersama-sama membuat draft Surat Edaran dan Surat perjanjian kerjasama antara desa dan PKBM terdekat.

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *