Dindikpora Brebes Sosialisasikan DTS GKB

Brebes (gkb.brebeskab.go.id) – Data Dewasa Tidak Sekolah (DTS) Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) berasal dari pendataan Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM). Data ini menjadi rujukan bagi Koordinator Pendidikan Kecamatan (Kordikcam) dan pengelola PKBM.

Demikian disampaikan oleh Kabid Paud PNFI Dindikpora Kabupaten Brebes Drs. Imam Sugiarto, M.Pd pada acara sosialisasi GKB DTS di Aula Dindikpora. Jumat (09/04/2021).

Imam menambahkan, bagi PKBM yang mengajukan sebelum satu tahun operasional maka sementara belum bisa diberikan ijin terlebih dahulu, pembelajaran sementara melibatkan dengan PKBM yang sudah berijin operasional.

” Setiap desa membuat PKBM baru, kecuali sudah berjalan satu tahun operasional, bisa mengajukan secara langsung ke Dindikpora, setelah juli 2021 semua ijin penerbitan lewat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Brebes, ” tambahnya.

Anggaran untuk pembiayaan DTS GKB berasal dari APBD Kabupaten dan APBDes sesuai dengan regulasi di Perbup No. 97 tahun 2021, sesuai dengan aturan dalam juknis bantuan operasional kesetaraan untuk DTS.

” Besaran untuk anggaran DTS pagunya adalah Rp 1.5juta untuk jenjang Paket A, Paket B, Paket C, dan ke depan juga ada beberapa perusahaan yang beroperasional di Kabupaten Brebes akan bekerjasama dengan PKBM dalam rangka kualitas pendidikan bagi pekerja di Brebes,” terangnya.

Data DTS menurut SIPBM tahun 2021 sebanyak 418.165 yang tersebar di 17 Kecamatan, dan data ini sudah diberikan ke Camat, Kordikcam dan pengelola PKBM dan Ketua FMPP Kecamatan.

” Data SIPBM DTS ini akan diverifikasi dan Validasi nantinya oleh para pengelola PKBM, Desa, Kecamatan dan FMPP dengan memastikan sasaran yang ingin sekolah lagi,” pungkasnya.

 

Kontributor : Bahrul Ulum

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *