Kabupaten Banggai Belajar GKB di Kabupaten Brebes

Brebes (gkb.brebeskab.go.id) – Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah belajar terkait penanganan anak tidak sekolah (PATS) melalui Gerakan Kembali Bersekolah (GKB). Kabupaten Brebes dianggap berhasil dalam pengembalian anak tidak sekolah kembali bersekolah.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Bappeda Litbang Banggai Abdullah Djafar saat memberikan kata sambutan di Aula Bapperlitbangda Kabupaten Brebes. Kamis (02/06/2022).

Abdullah menambahkan, bahwa Kabupaten Banggai memandang penting dalam percepatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kabupaten ini memiliki luas wilayah 9.672,70 km² (data UU No 51/1999), dan berpenduduk sebanyak 376.808 jiwa (2021), dan masih ada pekerjaan rumah (PR) dalam penanganan anak tidak sekolah.

Sementara itu, Kabid Pemsosbud Bapperlitbangda R.Rela Rahayuningsih menyambut baik atas kunjungan belajar dari Kabupaten Banggai. Prinsip dari GKB, adalah transparansi, akuntabilitas, partisipatif. Dimana memastikan anak tidak sekolah kembali bersekolah, ada dukungan anggaran dari pemerintah daerah, termasuk dari desa.

” Peran masyarakat melalui FMPP dari Kabupaten, Kecamatan dan Desa sangatlah penting terutama dalam percepatan penanganan anak tidak sekolah,” pungkasnya.

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.