Pemkab Kebumen Ngasuh Kaweruh GKB di Kabupaten Brebes

Brebes (gkb.brebeskab.go.id) – Pemerintah Kabupaten Brebes sudah mencanangkan Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) sejak tahun 2017, upaya ini dilakukan karena anak tidak sekolah (ATS) ada ribuan anak yang harus mendapatkan perhatian serius secara bersama-sama.  Komitmen Bupati dan didukung stakholders dalam penanganan ATS menjadi kata kunci keberhasilan, termasuk penguatan kelembagaan dan regulasi serta penganggaran.

Demikian disampaikan oleh Kasubid Sosial Budaya Bayu Setiawan, S.Kom saat memberikan paparan di Aula Bapperlitbangda Kabupaten Brebes. Kamis (25/11/2021).  Hadir dalam acara tersebut adalah Kabag Organisasi Setda Kebumen, Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Bappeda Kebumen dan unsur dari Pemkab Brebes dari Kepala Bapperlitbangda Brebes, Dinpermasdes, Dindikpora, Pengurus Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Kabupaten Brebes, dan Ketua GKB Kabupaten Brebes.

Lanjut bayu, data yang digunakan dalam penanganan anak tidak sekolah (ATS) dengan menggunakan data Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM), data Dindikpora, Adminduk, dan DTKS, dengan data tersebut dijadikan awal bergerak dalam proses untuk rekonfirmasi ATS yang tersebar ditingkat desa/kelurahan.

” ATS itu ada 3 kategori, usia sekolah tapi belum sekolah, anak putus sekolah, dan anak lulus tindak lanjut, mereka yang statusnya ATS maka diharuskan memilih jenjang pendidikan ke formal dan non formal, awal tahun 2017 sudah mengembalikan 1.212 anak ke sekolah, kemudian hingga tahun 2021 ini sudah 6.300 anak yang kembali bersekolah,” tambahnya.

Sementara itu, Kabag Organisasi Setda Kebumen Udy Cahyono menjelaskan maksud dan tujuan belajar di Kabupaten Brebes, pihaknya menghadirkan beberapa OPD yakni Bappeda, Dinas Pendidikan, Dispermasdes P3A dan Bagian Organisasi Setda.

” Keberhasilan penanganan ATS di Brebes yang sudah mendapatkan penghargaan Sinovik Nasional, menjadikan alasan dari Pemkab Kebumen untuk belajar apa saja yang sudah dikerjakan selama ini, dan bagaimana cara mengembalikan ATS dengan cepat dan tepat, ” pungkasnya.

Kontributor : Bahrul Ulum

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.